Friday, August 12, 2016

cara membuat gudeg jogja

ya merupakan makanan yang sudah jadi maskot kuliner kota jogja. Malahan terdapat adigium yang menyampaikan yang menjelaskan tidak sah bila ke jogja tak makan gudeg. Meskipun merasa lebay gitu gaes tetapi sepertinya kepada makanan yang satu ini tak salah deh, bagaimana tak makanan ini sudah jadi nama lain besutan jogja, pastinya kalian tahu kan. Kesempatan ini admin ingin sharing pengetahuan mengenai masakah khas jogja ini, yuk lihat. Makanan yang satu ini adalah olahan masakan yang di buat besutan nangka muda, dimasak oleh di rebus oleh santan serta gula kelapa, sistem pembuatan gudeg dapat

Bahan-bahan selengkapnya baca di --->>  Cara Membuat Gudeg Jogja

75747_172388609458024_166721496691402_466253_6260504_n


mengonsumsi berjam-jam. Sebab satu diantara bumbu pokoknya merupakan gula kelapa jadi lumrah apabila ia kental oleh rasa manis, pastinya hal semacam ini sesuai sama oleh selera lidah orang jawa. Warna coklat umumnya dihasilkan dengan daun jati yang dimasak berbarengan, ia dikonsumsi oleh nasi serta dihidangkan oleh kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu serta sambal goreng krecek.

Mengenai berkaitan berasal dari muasal makanan yang satu ini belum di ketahui oleh tentu terdapat yang mengatakan yang menjelaskan ia telah terdapat mulai sejak saat Sultan Agung, yaitu berkaitan oleh penyerbuan pasukan mataram ke Batavia, oleh kata lain makanan khas kota jogja ini erat hubungannya oleh makanan kraton. Dalam serat Chentini juga diketemukan literatur mengenai masakah ini yang disebutkan yang menjadi makanan rakyat jawa atau oleh kata lain ia merupakan makanan yang sudah lama terdapat di orang-orang jawa terlebih lokasi mataram. Sementara itu berdasarkan Prof Murdijanto Gardjito, pakar gizi Puat Kajian Makanan Tradisional UGM, ia telah terdapat mulai sejak permulaan 1800-an.

Terdapat tiga type gudeg yang umum di orang-orang jogja,
1) Gudeg Basah
2) Gudeg Kering
3) Gudeg Manggar

1) Gudeg Basah
Adalah masakah khas jogja yang dalam sistem masaknya banyak digabung oleh areh atau santan encer. Umumnya type ini sensasi rasa-rasanya unggul gurih daripada gudeg-gudeg lainya untuk yang tidak sangat sukai manis bisa dijajal yang ini gan. Sementara itu di sektor penyajian diimbangi oleh ayam kampung, telur, tahu serta sambal goreng krecek.



No comments:

Post a Comment